9.05.2013

StandUp Comedy

StandUp Commedy

‘Karyawan oh Karyawan’
by Danang DANHID Hidayatullah

Dibawakan pada Final StandUp Comedy
PORSEKARY BINUS 2013
Jakarta, 4 september 2013


,
Assalamualaikum!
Selamat malam. Salam sejahtera buat kalian semua. Saya sangat yakin semua yang hadir disini termasuk karyawan like this! (acung jempol)

read more

Darimana datangnya cinta dari mata turun ke hati.
Darimana datangnya saya dari nun jauh disana (Simprug) ke standup comedy.

Nama saya Danang. Ibu Sunda Bapak Minang. Sunda-Minang. Disingkat Da-Nang.
Saya sempet komplen ke  ibu saya karena ternyata bapak saya bukan berasal dari minang.
Bapak saya itu lahir di Kincai, satu kabupaten di provinsi Jambi.
Jadi harusnya nama saya itu singkatan dari Sunda-Kincai.
Tapi ibu saya marah marah dan ga terima. Karena kalau Sunda Kincai disingkat menjadi Da-Ki.
“Gue ga mau orang orang manggil lu Daki! Daki!, gue malu.” Gitu kira-kira kata ibu gw.
Jadi sekarang gw bersyukur banget karena ga ada yang manggil gw daki. Gw ga ngebayangin kalau tiap hari orang manggil gw daki. Pasti gw stress. Emang sih ga sampai bunuh diri. Pastinya gw jadi males mandi.
Tapi paling stres itu kalau ibunya Kerawang bapaknya Bantar gebang, jadinya KEBAB. Ga enakkan kemana mana dibungkus tepung.
Jadi buat semuanya yang ada disini, bersyukurlah dengan nama yang lu punya sekarang. Disini ada bayu, bandung –indramayu, citra cililitan-krawang. pAling pas dengan mukanya ya ini nih…si Kevin. Kevin, Kerawang-Vinlandia. Kalau kholid ga tau dah darimana.

Tadi pas mau berangkat kemari temen gw ada yang nanya: “ngapain sih loe ikut ikutan lomba standup comedy begitu?kaya kurang kerjaan aja. Mending balik, makan, terus tidur istirahat”
Terus gw jawab: ”eh loe jangan salah. Ini kerjaan bro. pernah ga lu selama jadi karyawan di binus lu kerja 15 menit dibayar 600ribu? Ga pernah kan?ga pernah?jawaab!sama. gw juga ga pernah.
Bagi gw ikut lomba standup comedy itu bukan masalah hadiahnya. Hadiah mah nomer 1. Yang paling penting itu karena gw pengen foto foto dan update status gw di email “lagi show di stand up comedy”. Ya kali-kali aja pas gw update status ada stasiun tv yang ngelirik. Pernah sekali waktu itu pas abis gw show di simprug, besoknya ada yang ngubungin gw via telpon.
“halo, mas Danang ya?”
 Iya, betul. (Imales malesan gw jawabnya). Maaf ini dari mana ya?
Ini najwa dari stasiun tv.
Wusss… langsung gw semangat dong.
Gini mas…kl ada waktu bulan depan mas kita undang untuk show di tv. Gimana mas setuju ga?
Wah udah dong gw ga mikir panjang. “oh okeh2.”

Bulan depannya gw pergi tuh ke stasiun. Tapi abis tuh acara gw bĂȘte abis. Tau kenapa?
Pertama, gw disuruh standup comedy tapi ga ada penontonnya. Yang kedua. Tuh acara bukan live show. Katanya bakal disetel kalau udah disetujui sama program directornya. Yang ketiga, gw cm dapet ucapan terimakasih. Dan yang terakhir nih yang paling ngeselin nih. Tuh stasiun tv ternyata dari Binus TV. Ya udah gw pasrah.
Bulan besoknya gw di call katanya ntart malem tayang. Temen2 semua udah gw chat biar pada nonton.
Tapi apa hasilnya?tmen2 gw pada komplen ga dapet gelombangnya. Pas gw Tanya sama orang binus tvnya. Dia Cuma bilang apa coba?maaf mas Danang, kita masih pake CDMA belum GSM. Kesel banget ga tuh kl  lu digituin?

Ngomongin karyawan binus tuh ga ada habisnya. Karena emang karyawan binus itu banyak tipenya dan bisa ditinjau dari berbagai sutu pandang. Bisa ditinjau dari segi pengabdian, senioritas, kasta dan segi sosiologis.

  • Dari segi pengabdian ada empat tipe karyawan. Karyawan tanpa tanda jasa, karyawan tanpa tanda jadi, karyawan tanpa tanda tanda dan karyawan tanpa tanda lahir.
Pertama, karyawan tanpa tanda jasa. Ciri2nya itu kalau kerja paling pertama datang kalau pulang paling malem. Ya contohnya panitia porsekary. Mereka ini ga dibayar loh…iklas mengabdi. Kalaupun dibayar juga ga nolak! Ikhlas mengantri.
Kedua, karyawan tanpa tanda jadi. Ini model karyawan yang udah bertahun-tahun ga permanen-permanen. Kontraak mulu tiap taun.
Ketiga, karyawan tanpa tanda-tanda. Ini jenis karyawan ‘datang tak diundang, pulang tak diantar’. Ga ketahuan tau-tau udah resign aja.
Ketiga, nah ini yang paling aneh. Karyawan tanpa tanda lahir. Bingungkan loe? Sama. Gw aja bingung.

  • Selanjutnya, dari segi kasta-kasta, ada 3 tipe karyawan: karyawan baru, karyawan lama, karyawan lamaaa banget.

Lu tau ga gimana caranya ngebedain ketiga kasta karyawan itu?gampang bro…
Pertama kalau lagi ada acara employee gathering. Kalau lagi doorprize karyawan baru paling dapet apa coba?gunting kuku, gantungan kunci, pisau cukur (ada ga ya?), ya paling banter rice cooker. Itu juga yang berasnya cuma seliter. Kalau karyawan lama lumayan bro dapetnya, voucher belanja, uang cash, tv, kulkas ada juga yang dapet motor. Nah sebenernya yang kasian itu tipe karyawan lamaaaa banget, karena mereka ga dapet apa2. Loe tau kenapa?karena mereka udah pada males ikut acara-acara gathering begitu. Cape. Mending juga jalan-jalan sama anak cucu. Doorprize juga belum tentu dapet. Betul ga?makanya karyawan lama banget itu tiap taun cuma nungguin porsekary. Selain bikin sehat, duitnya jelas.
Tapi kemarin ada tuh gw liat karyawan lama banget yang diskualifikasi pas lomba catur. Loe tau kenapa?karena tuh pion pionnya di pasangin GPS. Udah gitu kalau ada yang mati ga ditaruh di bawah bro, tapi dikirim ke blok G tanah abang. Inovativ ga tuh bro?sesuaikan dengan motto binus? People. Innovation. Excellence.

  • Tapi kadang kadang innovation itu bikin karyawan jadi aneh bro. Makanya di binus juga ada 3 tipe karyawan yang aneh dan sering ngeselin bro, yaitu: karyawan sakau, karyawan alay, karyawan galau.

Karyawan sakau, ini karyawan paling parah menurut gw. Loe bayangin aja tiap hari kerjaannya cuma nablet sama mabok  bbm. Kalau udah sakau itu mereka udah ga peduli sama kita dan biasanya mereka itu biasanya pada rese. Pas kita pengen minjem aja , kaga boleh. Kan rese banget. Ya ga?

Karyawan alay, ini karyawan kalau ngomong bahasanya campur-campur antara bahasa inggris sama bahasa Indonesia. Jadi aneh kedengerannya. Biasany sih yang alay ini banyakan cewe. ya kalau model cinta laura ga masalahlah. Ini lahirnya aja di ciledug. Terusnih bro karyawan alay kalau ngomong itu makenya tuh istilah2 komputer. Menang mentang karyawan binus kali ya. Yang terkenal bahasa inggris dan komputernya.
Gw punya pengalaman berteman dengan alay bro.  Dulu gw sempet pusing ga punya cewe bro akhirnya gw curhat sama alay temen gw ini.... (to be continued)

2 comments:

mawardi said...

wah luar biasa nih banyak kata-kata bijaknya

danhidd said...

Terima kasih Mawardi Ardi atas komentarnya. Kadang kata-kata yang diterjemahkan menjadi retorika tidak sesegar faktanya ya.